Senin, 27 Februari 2012

Capaian Pembelajaran (LO) PS Ilmu Tanah

Hasil pertemuan HITI di Bogor tanggal 25 Februari 2012


Learning Outcomes Program Studi Ilmu Tanah

Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama)
Mampu  memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

Deskripsi spesifik
Mampu mendeskripsikan sifat-sifat tanah, mengklasifikasikan tanah, memilih alternatif penggunaan tanah terbaik dalam bidang pertanian, dan memeliharanya demi keberlangsungan fungsi-fungsi tanah melalui pengamatan lapang, analisis laboratorium dan lansekap.

Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam di bidang-bidang tertentu, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural

Deskripsi spesifik
Menguasai pengetahuan tentang Morfologi dan Klasifikasi tanah, Survai dan Pemetaan Tanah, Fisika Tanah, Mineralogi Tanah, Kimia Tanah, Biologi Tanah, Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman, Evaluasi Lahan dan Penatagunaan Tanah, Konservasi Tanah dan Air, Pupuk dan Pemupukan untuk dapat digunakan dalam pemanfaatan dan pemeliharaan tanah yang berkelanjutan.

Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)
Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi:

Deskripsi spesifik
Mampu menetapkan tingkat survai dalam pemetaan tanah, menetapkan perencanaan penggunaan lahan, menetapkan pilihan jenis dan dosis pupuk, menetapkan tindakanpengelolaan tanah dan konservasi tanah dan air, serta menetapkan cara dalam mempertahankan, memperbaiki dan meningkatkan kualitas tanah.

Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)
Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi

Deskripsi spesifik
Mampu mengelola kegiatan dalam lingkup pekerjaannya dan bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerjanya serta terbuka untuk berinteraksi secara keilmuan demi pencapaian hasil kerja organisasi


Keterangan tambahan:
Deskripsi generik sudah ada dalam Pepres 8 tahun 2012, tentang KKNI
Dalam KKNI tersebut S1 masuk dalam jenjang 6, yang deskripsinya telah disajikan pada deskripsi generik di atas (ada 4 paragraf). Setelah itu, HITI membuat deskripsi spesifik untuk masing-masing deskripsi generik, khusus untuk PS Ilmu Tanah.
Oleh karena itu, apabila ada PS Ilmu Tanah ingin mengembang kurikulumnya dapat mengacu pada LO tersebut di atas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar