Minggu, 22 Mei 2011

Field Trip

Field Trip untuk Softskill dan Psikomotorik
Salah satu kegiatan PS Ilmu Tanah dalam membekali mahasiswanya sehingga dicapai kompetensi lulusan seperti yang diharapkan adalah dilakukan Field Trip. Dalam kegiatan ini mahasiswa bersama dengan teknisi lab dan dosen bersama-sama belajar dan diskusi tentang kondisi tanah, khususnya di Jawa Timur. Berbagai aspek yang dipelajari dalam kegiatan tersebut, yang diharapkan dapat mendungkung MK (teori dan praktikum) yang telah diberikan. Kekuatan output yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah dari aspek softskill (kerjasama, kepemimpinan, kreativitas, dan motivasi) dan psikomotorik (mencandra profil tanah, tekstur tanah, kelerengan, ketinggian, dsb).

Tahun 2011 semester genap, Field Trip dilakukan di lereng Bromo dan Tengger. Secara substansial kegiatan dan hasil kegiatan diserahkan ke dosen pembimbing masing-masing. Berikut adalah beberapa dokumentasi kegiatan yang semoga dapat melengkapi tujuan pokoknya.

Di desa Sukapura, Probolinggo; hawa sudah terasa dingin karena ketinggia sekitar 700 mdpl. Tempat belajar ini merupakan lereng tengah G. Bromo.


Dari desa Sukapura tersebut, turun tidak lama, membandingkan kondisi lahan dan tanahnya; khususnya pada lokasi penambangan padas untuk bahan bangunan.
Setelah didiskusikan pada bagian lereng tengah, diteruskan ke dataran aluvial di desa Raci. Tanah di desa ini sudah banyak digunakan persawahan, sehingga proses pedogenesis berjalan intensif. Dalam profil tanah sudah ada epipedon vertik.
Akhir kegiatan dilakukan di desa Pesisir Probolinggo untuk melihak kondisi lahan dan tanah di Mangrove. Disini didiskusikan proses marin, aluvial dan fluvial.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar