Sabtu, 23 April 2011

Kesuburan Tanah dan Pemupukan

Dalam RPP MK Kesuburan Tanah dan Pemupukan ingin membekali sebagian lulusan Agroteknologi  
dapat menganalisis dan menjelaskan status kesuburan tanah dan tindakan mempertahankan/meningkatkan kesuburan melalui pemupukan
Oleh karena itu,  media ini dapat digunakan sebagai media komunikasi dan apa yang akan, sedang, dan telah dilakukan secara terbuka. Dengan harapan kalau ada pihak-pihak menaruh perhatian dan memberikan saran perbaikan dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan tidak berlebihan, apabila ada hal-hal baik dalam media ini dapat digunakan atau menjadi inspirasi untuk kegiatan lainnya.
Diawali oleh 3 kelompok yang mendiskusikan tentang pupuk, petani, dan tanah dilihat secara umum dan disajikan secara sederhana sehingga mudah dipelajari dan diingat.
Berdasarkan gambaran tersebut di atas, diambil sebagian kecil untuk dibuat lebih spesifik. Hasilnya sebagai berikut.
Hasil analisis data oleh Lazuardi Cahya A dan Oky Yulianto Saputra (asisten Protan II) pada produksi, kualitas, serapan hara NPK, dan neraca hara tanaman sawi yang ditanam dalam kegiatan praktikum Protan II di lahan TeknoPark FP Universitas Jember adalah sebagai berikut (pembahasan tidak disajikan):
Hasil analisis data oleh Andika Septa SBH dan Whanda Destyan (asisten Protan II) pada produksi, kualitas, serapan hara NPK, dan neraca hara tanaman kailan yang ditanam dalam kegiatan praktikum Protan II di lahan TeknoPark FP Universitas Jember adalah sebagai berikut (pembahasan tidak disajikan):
Hasil analisis data oleh Grece Theresya Selvi Asmuruf dan Ristika Wulandari (asisten Protan II) pada produksi, kualitas, serapan hara NPK, dan neraca hara tanaman kankung yang ditanam dalam kegiatan praktikum Protan II di lahan TeknoPark FP Universitas Jember adalah sebagai berikut (pembahasan tidak disajikan):
Semoga bermanfaat




 

1 komentar:

  1. pak sugeng, saya mau tanya,,
    ada nggak sih pengaruhnya kalo tanaman dikasih pupuk N (anorganik) dengan jenis yang berbeda? Misalnya urea, ZA, NPK, dll,

    BalasHapus