Jumat, 18 Januari 2013

Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember



LABORATORIUM KALIBRASI UNIVERSITAS JEMBER


Sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi berdasarkan UU No.12 tahun 2012 tentang Pedidikan Tinggi dibagi menjadi dua yaitu: 1) internal atau SPMI atau Sistem Penjaminan Mutu Internal dan 2) eksternal SPME atau Sistem Penjaminan Mutu Eksternal. Implementasinya di Universitas Jember, untuk SPMI dilakukan Badan Penjaminan Mutu (BPM) melalui monitoring dan evaluasi internal (monevin) semua penerima program hibah kompetisi (PHK), audit pembelajaran, monevin ISO 9001:2008, monevin prodi berprestasi, pendampingan akreditasi dll; Satuan Pengawa Internal (SPI) khususnya monevin kegiatan non-akademik (SDM, keuangan, sarana dan prasarana), penelitian dosen sumberdana kompetisi oleh Lemlit, pengabdian sumberdana kompetisi oleh LPM, serta unit-unit lain seperti LP3. Implementasi SPME, untuk semua prodi (D3, S1, S2, dan S3) oleh BAN-PT melalui akreditasi prodi dan ISO 9001:2008 oleh PT Mutu Internasional. Sudah pasti juga dilakukan oleh Irjen dan BPKP.

Untuk lebih meningkatkan mutu, khususnya dalam hubungannya dengan aktivitas penelitian yang dilanjutkan dengan publikasi atau pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sangat erat hubungannya dengan data yang dikeluarkan oleh laboratorium yang kompeten atau bermutu, maka mulai tahun 2012 dibentuklah Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember. Sistem manajemen mutu yang diterapkan dalam Laboratorium Kalibrasi tersebut mengikuti ISO 17025, sehingga apabila sudah diakreditasi akan dilakukan audit langsung oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Berikut visi dan misi laboratorium kalibrasi Universitas Jember:

Visi

Menjadi laboratorium kalibrasi Universitas Jember yang unggul dalam mendukung laboratorium-laboratorium sain untuk merealisasikan pengembangan sains dan teknologi yang berwawasan bisnis dan pertanian industrial

Misi

1)  Mengatur dan mengelola layanan kalibasi peralatan baik stakeholder internal maupun eksternal Universitas Jember
2)  Mendukung validitas data praktikum, penelitian, dan layanan pengujian melalui akurasi peralatan ukur sehingga menghasilkan luaran yang inovatif dan relevan
3)  Membudayakan metode pengukuran yang presisi, akurat dan presisi di segala aspek pengembangan sain dan teknologi


Oleh karena itu, keberadaan laboratorium pengujian (sains) di Universitas Jember yang jumlahnya ratusan, akan bisa memanfaatkan layanan atau dukungan berupa kalibrasi peralatan ukurnya. Harapan untuk mendukung laboratorium sains di Universitas Jember menjadi akuntabel atau presisi, akurat dan sensitif.

Pendirian Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember ini mendapat dukungan penuh dari Pimpinan Universitas Jember (Rektor dan Pembantu Rektor), Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Jember dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Saat ini ruang lingkupnya masih dalam massa dan volume, serta akan dikembangkan ke suhu, panjang dll.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar